Windtalkers

Film ini berlatar belakang Perang Dunia ke 2, di mana saat itu Amerika bertempur melawan Jepang. Kopral Joe Enders (N.Cage) merupakan satu-satunya yang selamat dari pertempuran melawan Jepang di Kepulauan Solomon mendapat penghargaan atas jasanya dari pertempuran tersebut namun menderita luka pasca perang. Karena masih ingin aktif di marinir, ia pun bersekongkol dengan suster yang merawatnya agar dapat kembali terjun ke medan pertempuran. Akhirnya ia pun berhasil masuk kembali dalam pasukan marinir dan bertugas melindungi Ben Yazzie (Adam Beach).

Sersan Ox Anderson (Christian Slater) (mungkin temennya Enders) menerima tugas paralel melindungi Charlie Whitehorse (Roger Willie). Charlie dan Ben merupakan sukarelawan dari suku Navajo yang dilatih untuk menerima dan mengirim pesan ke kapal tempur AS.

Yaah berhubung misi pertama, makanya si Ben itu agak-agak syok ngeliat mayat-mayat bergelimpangan dan darah menggenang jadi dia butuh waktu buat adaptasi sama keadaan perang.

Well, the story goes on. Setelah tembakan-tembakan di sana sini, ledakan granat di mana-mana, banyak yang tewas, Anderson dan Charlie ikut tewas. Dan pada akhirnya Enders juga tewas untuk menyelamatkan Ben.

 

Yak, itu adalah cerita singkat dari film windtalkers. Menurut gue, di mana-mana dalam film tuh pasti ada yang namanya pergolakan batin si tokoh utama. Kalo dalam film ini tuh misalnya, waktu si Enders harus ngebunuh Charlie Whitehorse yang ketangkep, karena misinya Enders sebetulnya melindungi kode Navajo bukan orang Navajonya. Yaa jadi sebenernya yang penting itu kode Navajo yang dipakai berkomunikasi bukan orangnya. Miris banget sih emang ya tapi emang kayak gitu kan namanya juga misi, tugas.

Di satu scene ada adegan Ben berantem sama anggota sepasukannya. Masalahnya mungkin gara-gara Ben Yazzie itu merupakan orang Indian. Mungkin ini orang yang mukul Ben rasis banget. Dari adegan itu bisa diliat kalo perbedaan nilai yang dianut satu orang berbeda dari orang lainnya akan mempengaruhi sikapnya. Bakalan berasa banget pengaruh kalo di dalam suatu kelompok, contohnya kalo di film ini ya nilai dan sikap si orang yang mukul Ben itu (ga tau namanya). Nah perbedaan itu kalo ga diatasi dengan baik bisa menimbulkan perpecahan dalam pasukan itu. Pastinya bakalan gawat dong kalo satu pasukan kebagi dua kubu, terus gimana coba pas di pertempuran. Kalo ga ada koordinasi dan komunikasi yang baik kemungkinan besar satu pasukan itu bisa aja tewas semuanya.

Jadi di dalam kelompok itu penting banget adanya kesamaan nilai, persepsi dan visi misi dari tiap anggotanya. Karena hal itu dapat mempengaruhi keutuhan dan kekompakan kelompok.

 

Sumber :
Youtube :  http://www.youtube.com/watch?v=RxI2_a_siEI&feature=related

One thought on “Windtalkers

  1. Review yang apik….dan penjelasan yang singkat dikaitkan dengan nilai pada paragraf akhir sebagai kesimpulan yang berharga. tetap berbagi ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s