Review 3

9/26/2012, 2:12 PM

Today’s Review

 

“Individual”

Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Beberapa ahli mengemukakan definisi individu, di antaranya :

  • Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan, demikian pendapat Dr. A. Lysen.
  • Menurut(Abu Ahmadi,1991:23). Individu berasal dari kata latin individuum yang artinya tidak terbagi. individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa dan seberapa mempengaruhi kehidupan manusia. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat dibagi, melainkan sebagi kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan.
  • Menurut(Hartomo,2004:64). Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,malainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

Setiap individu atau manusia pasti memiliki karakter. Definisi dari karakter, yaitu antara lain :

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Karakter memiliki arti: 1). Sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. 2).Karakter juga bisa bermakna “huruf”.
  • Menurut (Ditjen Mandikdasmen – Kementerian Pendidikan Nasional), Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat,  bangsa  dan  negara.
  • W.B. Saunders, (1977: 126) menjelaskan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu, sejumlah atribut yang dapat diamati pada individu.
  • Gulo W, (1982: 29) menjabarkan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau  dari titik  tolak etis  atau  moral,  misalnya kejujuran seseorang, biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap.
  • Kamisa, (1997: 281) mengungkapkan bahwa karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian.
  • Wyne mengungkapkan bahwa kata karakter berasal dari bahasa Yunani “karasso” yang berarti “to mark” yaitu menandai atau mengukir, yang memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Oleh sebab itu seseorang yang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus dikatakan sebagai orang yang berkarakter jelek, sementara orang yang berprilaku jujur, suka menolong dikatakan sebagai orang yang berkarakter mulia. Jadi istilah karakter erat kaitannya dengan personality (kepribadian) seseorang.
  • Alwisol menjelaskan pengertian karakter sebagai penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit.

Karakter berhubungan dengan sifat dan sikap. Sifat hakikat manusia adalah ciri-ciri karakteristik yang secara prinsipil membedakan manusia dari hewan, meskipun antara manusia dengan hewan banyak kemiripan terutama dilihat dari segi biologisnya. Sifat ditentukan berdasarkan gen(20%) yang diturunkan dan lingkungan(80%) di mana manusia itu tumbuh.

Banyak  sosiolog  dan  psikolog  memberi  batasan  bahwa  sikap  merupakan kecenderungan individu untuk merespon dengan cara yang khusus terhadap stimulus yangada dalam lingkungan sosial. Sikap merupakan suatu kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, positif atau negatif terhadap berbagai keadaan sosial, apakah itu institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan sebagainya (Howard dan Kendler, 1974; Gerungan, 2000).

Kepribadian adalah respon kita atau biasa disebut etika yang kita tunjukkan ketika berada di tengah-tengah orang banyak, seperticara berpakaian, berjabat tangan, dan berjalan. Sikap merupakan satu faktor yang harus dipahami kita dapat memahami perilaku orang lain. Dengan saling memahami individu maka organisasi akan dapat dikelola dengan baik. Definisi sikap dapat dijelaskan dalam tiga komponen sikap, yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Afektif berkenaan dengan komponen emosional atau perasaan sesorang. Komponon kognitif ini berkaitan dengan proses berfikir yang menekankan pada rasionalitas dan logika. Komponen psikomotorik merupakan kecenderungan seseorang dalam bertindak terhadap lingkungannya.

Habit(kebiasaan) yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang dapat membentuk karakter orang tersebut. Habit yang sama yang dilakukan oleh banyak orang dapat membentuk budaya(culture) yang kemudian akan memicu timbulnya peradaban(civilization).

Individu atau manusia tentu akan melakukan adaptasi saat berada dalam lingkungan yang berbeda. Namun adaptasi tidak sepenuhnya memicu inovasi sebab adaptasi adalah penyesuaian, maka manusialah yang menyesuaiakan diri terhadap lingkungan atau keadaan bukan sebaliknya. Itu berarti inovasi yang dilakukan manusia depends on the situation that he/she experienced. Jadi, kalau tidak ada situasi atau lingkungan yang mendesak, seseorang tidak akan melakukan perubahan atau inovasi yang membawa kemajuan. Sedangkan apabila seseorang memiki kreasi maka orang tersebut dapat menciptakan inovasi atau perbuhan meskipun tidak didesak oleh lingkungan atau situasi. Kreasi seseorang akan membawa pada terciptanya peradaban baru sedangkan adaptasi hanya mengubah diri seseorang yang beradaptasi namun tidak mengubah lingkungan tempat dia berada.

Sekian Today’s Review episode kedua, Rabu tanggal 26 September 2012. See ya😉

Sumber :

Pasted from <http://kartika-s-n-fisip08.web.unair.ac.id/artikel_detail-37086-hardskill%20-PERILAKU%20INDIVIDU%20DALAM%20ORGANISASI%20.html>

Pasted from <http://www.scribd.com/doc/23729385/DEFINISI-SIKAP>

Pasted from <http://www.scribd.com/doc/49763302/Pengertian-Sikap-dan-Perilaku>

Pasted from <http://oktaseiji.wordpress.com/2011/04/24/sifat-dan-hakikat-manusia/>

Pasted from <http://www.scribd.com/doc/68429174/definisi-karakter>

Pasted from <http://www.pengertiandefinisi.com/2012/04/pengertian-karakter.html>

One thought on “Review 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s