Review 2

9/19/2012, 10:03 PM

Today’s Review

 

“Introduction of Organizational”

 

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan

 

Organisasi umumnya terdiri dari dua hal, sistem (system) dan  orang-orang (people). Organisasi memiliki value (nilai) yang dianutnya. Value ini nantinya akan didefinisikan sehingga akan membentuk sistem bagi organisasi. Visi dan misi dalam organisasi merupakan indikator dalam membuat pembagian tugas (jobdesk) masing-masing orang yang tentunya lagi-lagi akan membentuk dan mempengaruhi sistem yang berjalan di organisasi.

 

Di atas sudah dijelaskan tentang sistem organisasi, selanjutnya adalah komponen kedua dari organisasi yaitu orang-orang (people) dalam organisasi. People ini pada dasarnya terbagi lagi menjadi dua, intrapreneur dan entrepreneur. Apa bedanya? Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

 

Intrapreneurship adalah seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan yang mempunyai jiwa entreprenurship sehingga memberikan kontribusi atau pengaruh yang besar terhadap lingkungan pekerjaan atau perusahaannya itu sendiri.

 

Nah, dari pengertiannya keliatan kalo entrepreneur alias wirausahawan itu pada dasarnya memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), kreativitas dan inovasi yang lebih daripada intrapreneur yang pada dasarnya merupakan pengikut yang baik (good follower). Mungkin karena sebagai entrepreneur seseorang itu dituntut menghadapi risiko lebih besar ketimbang intrapreneur. Kalau soal keahlian, entrepreneur dan intrapreneur sama-sama memiliki keahlian yang sama baik dan hebatnya. Namun, yang membedakan adalah pada mental yang dimiliki dan situasi yang sering dihadapi.

 

 

Sekian Today’s Review episode kedua, Rabu tanggal 19 September 2012. See you next week !

 

 

Sumber :

Pasted from <http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi>

Pasted from <http://id.wikipedia.org/wiki/Wirausahawan>

Pasted from <http://nonoeno.blogspot.com/2010/05/entrepreneur-university-dan.html>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s