Review 1

9/12/2012, 8:46 PM

Today’s Review

“Need vs Want”

 

Well, kalo dalam bahasa Indonesia sih ‘need=kebutuhan’ sedangkan ‘want=keinginan’. Kebutuhan dan keinginan pada dasarnya beda tapi orang-orang sering mengartikan keinginan mereka sebagai kebutuhan. Entah karena sebetulnya mungkin emang kebutuhan atau mungkin orang itu emang well-prepared jadi udah nyiapin sebelum dibutuhin atau Cuma jadi alasan aja supaya mereka bisa menuhin keinginan mereka. Nah, buat kemungkinan ketiga, itu hal yang paling sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Kebanyakan orang biasanya salah mengartikan keinginan–yang basically terdorong oleh nafsu dan gaya hidup–sebagai kebutuhan. Yeah, sometimes, agak sulit ngebedain kebutuhan dan keinginan. We have to think deeply and choose which one we need the most and give us more benefits for long time.

 

Menurut Abraham Maslow, kebutuhan manusia terbagi menjadi lima tingkatan yaitu :

    1. Fisiologis

Contoh : segala kebutuhan primer (seperti sandang, pangan dan papan) serta kebutuhan biologis (seperti buang air dan bernafas)

 

    1. Keamanan dan Keselamatan

Contoh : bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari teror

 

    1. Sosial

Contoh : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis

 

    1. Penghargaan

Eksternal : piagam, tanda jasa, hadiah

Internal : tingkatannya sudah lebih tinggi dari eksternal sehingga tidak memerlukan pujian atau penghargaan dari orang lain untuk merasakan kepuasaan dalam hidup

 

    1. Aktualisasi Diri

Mengekspresikan diri

 

Kalau dilihat dari teori Abraham Maslow, tingkatan pertama, yaitu fisiologis, merupakan dasar dari tingkat kebutuhan. Oleh karena itu, hal yang pertama harus dipenuhi ya kebutuhan fisiologis itu. Nah, setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi baru deh kita bolehlah memenuhi kebutuhan selanjutnya termasuk keinginan.

Penting bagi kita buat tahu bedanya kebutuhan dan keinginan. Yah, meskipun harus diakui emang susah ngebedainnya. Hal ini juga berlaku saat kita mengerjakan suatu proyek di dalam suatu tim. Kenapa? Karena kita harus sadar dan tahu mana hal yang dibutuhkan oleh proyek atau seluruh anggota tim dan mana hal yang diinginkan oleh diri kita. Dengan tahu kebutuhan dari tim maka proyek dapat dikerjakan dengan baik sehingga memberi hasil yang memuaskan serta kekompakan tim pun terjaga malah bisa semakin kompak🙂

 

 

 

“Change”

 

Dunia itu pasti berubah kan? Kadang hujan, kadang panas. Kadang terang, kadang gelap. Berarti segala hal di dunia pasti mengalami perubahan dong, baik perubahan kecil atau besar. Perubahan itu ga selalu jelek tapi ga selalu bagus juga sih. Hasil dari perubahan tergantung dari diri kita, gimana sikap kita menghadapi perubahan dan menjadikan perubahan itu sebagai peluang atau kesempatan yang menguntungkan kita.

Sebuah organisasi harus siap mengahadapi perubahan dunia sehingga kelangsungan organisasi dapat terjaga. Organisasi harus bisa memanfaatkan perubahan untuk menjaga kelangsungan organisasi tersebut serta mendapatkan keuntungan dari perubahan yang terjadi.

 

 

 

Yak, sekian dulu Today’s Review hari ini, Rabu, 12 September 2012. Sampai jumpa di review berikutnya😉

 

Sumber : http://www.praswck.com/teori-kebutuhan-abraham-maslow

One thought on “Review 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s